Tips usaha dalam Peningkatan Pembelajaran Kualitas Bahasa dan Sastra


Tips usaha dalam Peningkatan Pembelajaran Kualitas Bahasa dan Sastra.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhCqe4EzLKrRCq3SPpuBndk_zXvt-v0aRpY-K2LFwdIec3gxNy00imlvmjA9U4xX9XcXPh2Rfqa_d_NxgZ4offKa-0vrZN_NtnDpxlSDjqo52Vruf-3bsghSD1cRsPkqUyeM4Ke9RqV1jQa/s320/memulai-usaha-300x300.jpgSemua usaha terbaik yang dihasilkan memang perlu upaya dan pengelolaan yang baik juga dalam suatu kegiatan. Contoh kecilnya saja di dalam pembelajaran sekolah, sekolah sangat memiliki peranan penting dan tanggung jawab dalam melakukan Peningkatan Kualitas Bahasa dan Sastra yang baik. Keteguhan kuat dan kepastian untuk memajukan kualitas Negara Kesatuan Republik Indonesia ini, contoh yang pasti dari sebuah usaha adalah upaya dan keinginan untuk dapat dilakukan belajar mengajar yang berkualitas dengan menyelenggarakan program-program pendidikan yang memberikan berbagai kemampuan dan kepastian sebagai masyarakat melalui berbagai mata pelajaran dan diskusi yang termasuk salah satunya untuk Pendidikan Bahasa Indonesia yang berkualitas didalam pembelajaran.

Dalam suatu pembelajaran harus mempunyai sebuah kompetensi Dasar yang tinggi, teteapi kompetisi dasar yang paling rendah adalah menulis. Contoh yang paling kecil dalam Kompetensi dasar menulis yang yang harus dikuasai adalah kompetensi Mengisi Formulir dengan benar. Rendahnya hasil dalam mengisi formulir dengan benar  tercermin juga dalam hasil belajar.


3 years old boy learn to write

Hal kecil tersebut, secara tidak disadari mengakibatkan pengajar tidak begitu menghiraukan/peduli apakah muridnya telah atau belum memperoleh pengalaman belajar yang bermakna. Seharusnya pengajar dalam meningkatkan pembelajaran bahasa Indonesia harus tahu sejauh mana murid telah mengerti (understand) dan tidak hanya sekedar tahu (know).

Kegiatan yang sering dilakukan para pengajar meliputi metode pembelajaran yang cenderung kurangnya pelaksanaan evaluasi selama proses kegiatan belajar dan mengajar berlangsung.

Memang menulis merupakan salah satu aktivitas komunikasi bahasa yang menggunakan bahasa yang sangat dasar. Dalam sebuah tulisan terdiri atas rangkaian huruf yang bermakna dan penting dengan kelengkapan lambing didalam tulisan seperti ejaan dan pungtuasi. 

http://www.istockphoto.com/file_thumbview_approve/5164183/2/istockphoto_5164183-i-have-a-good-idea.jpg
Seseorang bisa disebut sebagai penulis terbaik adalah dilihat dengan kemahirannya menuangkan secara tertulis, pikiran, dan perasaan dengan  berirama. Apa yang dituliskan mengandung arti dan manfaat yang membuat orang lain merasa perlu membaca dan menikmatinya. Yang paling di perhatikan utama adalah penggunaan Simbol-simbol. Simbol-simbol harus disusun menurut kata-kata tertentu untuk membentuk suatu susunan yang akan menjadi sebuah kalimat.



 

Menulis merupakan suatu proses yang terbaik untuk menjadikan pembelajaran yang memiliki kualitas dalam pembelajaran bahasa dan sastra. Proses itu merupakan sesuatu yang paling penting. Hal yang paling Bermasalah dapat timbul secara bertahap sehingga seorang penulis perlu memiliki pemahaman yang lebih baik untuk menciptakan proses kerja yang efisien sehingga menghasilkan tulisan yang baik pula.

http://www.siapapunbisa.com/images/stories/idea.gifCara-cara penulisan yang baik dan benar ada beberapa hal :

(1) Harus mempunyai penguasaan dalam menulis, meliputi kosakata, struktur, kalimat, paragraf, ejaan, pragmatik, dan sebagainya.
(2) penguasaan isi karangan sesuai dengan topik yang akan ditulis,
(3) penguasaan tentang jenis-jenis tulisan, yaitu bagaimana merangkai isi tulisan dengan menggunakan bahasa tulis sehingga membentuk sebuah komposisi yang diinginkan, seperti esei, artikel, cerita pendek, makalah, dan sebagainya,



            Tulisan yang baik dan benar harus mengandung unsur-unsur: singkat, jelas, tepat, aliran logika. Maksudnya, dalam tulisan itu tidak perlu menambahkan hal-hal di luar isi pokok tulisan, tidak mengulang-ulang yang sudah dijelaskan (redudant), tidak mempunyai arti ganda (ambiguous, dan mendukung ide utama sehingga seluruh bagian tulisan merupakan kesatuan yang saling berhubungan atau bertautan (cohernce).



Berdasarkan tips  di atas dapat disimpulkan bahwa dalam kegiatan pembelajaran sangat diperlukan suatu keterampilan di dalam suatu organisasi ide-ide kedalam bentuk tulisan yang baik dan terpadu. Dan juga didalam sebuah tulisan harus diperhatikan kaidah-kaidah dan cara penulisannya bahwa menulis tidak hanya sekedar menuangkan ide-ide ke dalam bentuk tulisan, tetapi yang terpenting adalah bagaimana tulisan itu dapat dipahami oleh pembaca agar membentuk Karakter Bangsa  yang lebih baik Melalui Peningkatan Kualitas Bahasa dan Sastra.





 Ingin atau Punya idea mengenai Kebahasaan dan Kesastraan klik di bawah ini atau kunjungi :
tema :“Pembentukan Karakter Bangsa Melalui Peningkatan Kualitas Bahasa dan Sastra”


http://www.kslegislature.org/postaudit/images/SubmitYourIdea.jpg
 http://pusatbahasa.kemdiknas.go.id/
post by : dany hermansyah

jangan lupa komentarnya ya!!!


35 komentar:

memang pendidikan itu segalanya..
Nice share :D
Good Luck ya :D

terus kibar kan berita2 yang menarik dan berpengetahuan sepeti ini.. memang hal sekecil menulis bisa mengubah kata menjadi segalanya,, thanks

ada pengertian menulis menurut ahli ga ?? sharing yah.. nice postingannya good luck ^_^

@adilla : Menulis adalah bentuk keterampilan dan pengetahuan yang banyak melibatkan kemampuan siswa. Dalam sebuah tulisan terkandung ide sang penulis untuk disampaikan kepada orang lain. Ketika akan menyampaikan ide, penulis harus mampu mencari kata bahasa yang dapat dimengerti orang lain, baik dari sisi urutan kata-kata maupun bentuk kalimat. Dengan begitu, pengetahuan penulis (dalam hal ini siswa) dapat dibaca atau dipahami orang lain. ( Gerbang, 2005: 45).
Tulisan yang efektif harus mengandung unsur-unsur: singkat, jelas, tepat, aliran logika lancar, serta kohern. Artinya, dalam tulisan itu tidak perlu menambahkan hal-hal di luar isi pokok tulisan, tidak mengulang-ulang yang sudah dijelaskan (redudant), tidak mempunyai arti ganda (ambiguous, dan paparan ide pokok didukung oleh penjelasan dan simpulan. Ide-ide pokok tersebut saling berkaitan, mendukung ide utama sehingga seluruh bagian tulisan merupakan kesatuan yang saling berhubungan atau bertautan (cohernce). (Etty Indriyati, 2002, 34).

Siswa dapat melaksanakan program pembelajaran mereka sendiri. pada akhirnya mereka memiliki rasa tanggung jawab terhadap apa yang mereka lakukan di kelas.

yang paling diutamakan Hadirkan ‘model’ sebagai contoh pembelajaran!!! hihihih XP

Guru melaksanakan tindakan kelas dengan strategi agar pembelajaran cara belajar siswa menjadi aktif.

memang yang paling diutamakan guru pengajar dan murid harus saling bekerja sama di dalam pembelajaran..

saya setuju sama ucapan dany memang kalau muridnya bercanda dalam kegiatan belajar mengajar akan menjadi musibah di dalam pembelajaran..

Desy Puspita stuju harus ada penyelarasan di dalam pembelajaran thanks for artikelnya.. boleh di copy ga?? bagusss banget buat pembelajaran.. oke^^

boleh saja tapi harus mencantumkan nama webnya sama dany hermansyahnya yah!!! siipp dukung terus yah!!

okeeee... thannnkkksss bangettt dann.. gw doain lu menjadi juaranya deh!!!!!

memang menulis hal yang sepele seperti saya tulisannya ga bisa di baca oleh guru dan menjadikan di niali buruk karena tulisannya

woooww keren,, 2nice blooogg nice juga artikellny menarik untuk dibaca dan menjadikan renungan karena menulis membuat saya letih. hahaha

pengajar seharusnya Memberi penguatan dan motivasi kepada siswa agar belajar lebih giat dalam pembelajaran.

memang bahasa indonesia meskipun bahasa kita sulit untuk dicerna dengan otak yang encer~~~

saya lemah terhadap pembelajaran bahasa. apalagi terahadap bahasa saya sendiri izin share yah,,,

memang d2v tiada duanya.. terus kabarkan berita2 menarik dan kunjungi juga

saya punya ide : Guru melaksanakan tindakan kelas dengan strategi pembelajaran cara belajar siswa aktif melalui optimalisasi metode kontekstual yang diterapkan dengan tugas kelompok menggunakan bantuan berbagai media. Tugas yang telah dilakukan kemudian dipresentasikan di depan kelas, disini guru sebagai fasilitator yang memberi penguat dan simpulan untuk kejelasan materi mengisi formulir dengan benar.
betu;;

ide menarik nih : Tujuan akhir dari setiap penelitian adalah mendapatkan kesimpulan mengenai apa yang telah disampaikan dengan hasil penelitian. Kesimpulan merupakan hasil tertinggi dalam suatu penelitian. Dengan diperolehnya kesimpulan, maka masalah yang disajikan, dibahas dan carikan jalan keluarnya akan nampak dengan jelas. Dengan demikian maka kesimpulan merupakan penjabaran sistematis dari seluruh kegiatan penelitian. ehhehe^p^

dalam sebuah pembelajaran harus di butuhkan Penafsiran data bertujuan untuk mengambil kesimpulan sementara data yang telah diperoleh. Penafsiran merupakan langkah awal untuk pembahasan masalah secara mendalam.

mampir yah ke http://meilina-meii.blogspot.com/ nice blog and postingannya!!!

Klw menurut pribadi saya, pembelajaran mengenai bahasa itu sangat penting, dikarenakan bahasa adalah media komunikasi dengan kita belajar bahasa maka kita bisa mengucapkan kalimat yang baik dan benar dalam pengucapan sehari hari, dan memahami bagaimana cara sopan santun dalam tutur kata....selain itu harus didukung juga belajar menulis...sehingga bisa tahu cara penulisan yang benar......masih banyak orang yg tidak tahu banyak tentang bahasanya sendiri dikarenakan dia males untuk belajar dan memahami

Klw menurut pribadi saya, pembelajaran mengenai bahasa itu sangat penting, dikarenakan bahasa adalah media komunikasi dengan kita belajar bahasa maka kita bisa mengucapkan kalimat yang baik dan benar dalam pengucapan sehari hari, dan memahami bagaimana cara sopan santun dalam tutur kata....selain itu harus didukung juga belajar menulis...sehingga bisa tahu cara penulisan yang benar......masih banyak orang yg tidak tahu banyak tentang bahasanya sendiri dikarenakan dia males untuk belajar dan memahami

bahasa sangat diperlukan dalam kegiatan sehari2, karena bahasa itu perlu kita bahas has has has....

tips yang menarik untuk di pertanggung jawabkan.. memang dalam meningkatkan kulaitas tidak gampang oia kalau ada berita tips2 kabarkan yah%%???? siipp sukses gan

@reiza : ada banyak mas bisa lihat di http://www.d2vonline.co.cc/2010/10/menumbuhkan-sifat-karakteristik-di.html n http://www.d2vonline.co.cc/2010/10/kegagalan-adalah-kunci-terbaik-untuk.html terima kasih yah sudah mau berkunjung ke sini.. terimakasih juga semua atas komment nya

hihihih ga usah terima kasih gitu kali dan ke akunya.. hihihihi ;)

@ melissa : makasih deh akunya udah mau kommentar hihi sering2 yah komentny

iihh namanya aja salah mellisa tau au ah.. ngambek

maaf deh ia2 nanti di follow back dh.. janji siipp

memang dany tiada duanya mungkin siapa tau ada tiganya hahahaha sukses atas info nya

(¯'v'¯)-»CUMAN☆:*:*´¨`*:..:*:*
´¨`*:.☆MAU♪♫•*¨*•.¸¸❤¸¸.•*¨*•♫♪KOMENT•.¸¸.•
Meggy like this!!!

menulis menurut saya adalah hal yang sering kita lakukan dalam pembelajaran sehari2.. karena dengan menulis kita dapat menginspirasikan pikiran2 kita kepada orang2 di sekitar kita,,,

menulis menurut saya adalah hal yang sering kita lakukan dalam pembelajaran sehari2.. karena dengan menulis kita dapat menginspirasikan pikiran2 kita kepada orang2 di sekitar kita,,,

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More