Waralaba bisa didefinisikan sebagai suatu hubungan strategis antara franchisor dan franchisee dimana keduanya mendapat banyak keuntungan dari hubungan ini. Definisi yang umum dari waralaba adalah sebuah sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir, dimana pemilik merek (franchisor) memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merek, nama, sistem, prosedur dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu meliputi area tertentu. Sebagai imbalan bagi kemitraan ini, tentu saja franchisee harus membayar sesuatu, yaitu franchise fee dan royalti. Royalti memberikan pemasukan yang dibutuhkan franchisor untuk bekerja dan menyediakan sistem-sistem pendukung, dan juga menyediakan tenaga yang dibutuhkan untuk memenuhi kepentingan semua pemilik waralaba dalam sistem ini.
SUMBER INFORMASI WARALABA
Langkah pertama dalam proses evaluasi pembelian hak waralaba adalah memilih konsep bisnis yang berada dalam kemampuan finansial, serta yang sesuai dengan pendidikan, minat, bakat dan gaya hidup anda. Selanjutnya setelah anda memutuskan bisnis apa yang akan dimasuki dan berapa kisaran investasinya, anda perlu mengumpulkan informasi berkaitan dengan berbagai alternatif dan peluang yang ada. Sumber informasi terbaik mengenai bisnis ini adalah:
Departemen Perindustrian dan Perdagangan R.I.
Sesuai dengan PP No. 16 Tahun 1997, setiap perusahaan waralaba wajib melaporkan usahanya kepada Departemen Perdagangan Dalam Negeri. Dengan demikian departemen ini merupakan sumber informasi bagi usaha waralaba di Indonesia. Badan ini bisa dihubungi di:
Direktorat Bina Usaha Perdagangan Dalam Negeri
Jl. M.I. Ridwan Rais No. 5 Jakarta 10110
021-3858189
021-3858171-5 pesawat 1105
021-3857338 (fax)
Direktorat Bina Usaha Perdagangan Dalam Negeri
Jl. M.I. Ridwan Rais No. 5 Jakarta 10110
021-3858189
021-3858171-5 pesawat 1105
021-3857338 (fax)
Assosiasi Franchise Indonesia (AFI)
AFI merupakan wadah assosiasi dari perusahaan-perusahaan waralaba yang ada di Indonesia. Organisasi ini bisa dihubungi di:
Jl. Darmawangsa X No A19 Kebayoran Baru
Jakarta 12150
021-7395577
021-7234761 (fax)
Jl. Darmawangsa X No A19 Kebayoran Baru
Jakarta 12150
021-7395577
021-7234761 (fax)
SMfranchise.com : The Place of Store Merchandise and Franchise Solutions
SMfranchise.com adalah situs retail dan waralaba pertama di Indonesia yang memberikan kemudahan akan akses informasi berkaitan dengan industri retail dan waralaba. SMfr@nchise dapat dihubungi di:
Jl. Hidup Baru L/23 Kebayoran Baru
Jakarta 12140
0818-172701
021-7253624 (fax)
e-mail : question@smfranchise.com
website : http://www.smfranchise.com
Jl. Hidup Baru L/23 Kebayoran Baru
Jakarta 12140
0818-172701
021-7253624 (fax)
e-mail : question@smfranchise.com
website : http://www.smfranchise.com
Entrepenuer Magazine
Organisasi ini secara tahunan menerbitkan daftar tawaran waralaba teratas berdasarkan kategori bisnis. Bila anda sudah memilih suatu bidang yang sesuai untuk anda, anda harus mengevaluasi berbagai perusahaan yang menawarkan bidang waralaba tersebut. Organisasi ini dapat dihubungi di:
2392 Morse Avenue
Irvine, CA 92714
714-261-2325
714-755-4211 (fax)
2392 Morse Avenue
Irvine, CA 92714
714-261-2325
714-755-4211 (fax)
International Franchise Association (IFA)
International Franchise Association menerbitkan suatu directory keanggotaan yang mencakup semua organisasi waralaba ternama. Badan ini bisa dihubungi di :
1350 New York Avenue NW
Suite 900
Washington, DC 20005
202-628-8000
202-628-0812 (fax)
website : http://www.ifa.org
1350 New York Avenue NW
Suite 900
Washington, DC 20005
202-628-8000
202-628-0812 (fax)
website : http://www.ifa.org
0 komentar:
Posting Komentar